ANEKA SUSU NABATI DAN MANFAATNYA UNTUK KESEHATAN - djolangak

ANEKA SUSU NABATI DAN MANFAATNYA UNTUK KESEHATAN

2 bulan yang lalu

ANEKA SUSU NABATI DAN MANFAATNYA UNTUK KESEHATAN

Susu dari hewani seperti susu sapi merupakan minuman kaya vitamin dan kalsium yang baik untuk kesehatan. Rasanya yang lezat membuat susu hewani menjadi minuman kesehatan yang populer dari masa ke masa.Susu memiliki kandungan lactosa yang cukup tinggi Sayangnya ada juga beberapa orang yang alergi terhadap laktosa atau lactose intolerance yang membuatnya tidak bisa mengonsumsi susu dari hewani lactose intolerance atau intoleransi laktosa adalah ketidakmampuan untuk memecah jenis gula alami yang disebut laktosa.

Alergi laktosa terjadi ketika usus berhenti membuat enzim yang cukup untuk memecah laktosa. Ketika hal ini terjadi, laktosa yang tidak tercerna akan masuk ke usus besar. Bakteri yang biasanya ada di usus besar akan berinteraksi dengan laktosa yang tidak tercerna dan menyebabkan gejala seperti kembung dan diare.

Sebagai alternatifnya kita bisa memilih aneka susu nabati sebagai pengganti susu dari hewani.

Untuk mengetahui susu jenis apa yang sesuai dengan kebutuhan, maka dianjurkan untuk mengenali jenis-jenis susu beserta manfaat dan kekurangannya.

Berikut jenis-jenis susu nabati dan manfaatnya untuk kesehatan :

A.Susu Almond.

Susu almond merupakan susu yang termasuk ke dalam golongan susu rendah protein,bebas kolesterol dan laktosa, sangat bagus untuk kesehatan jantung.Susu Almond juga di percaya dapat meningkatkan produksi ASI dan dapat mencerahan kulit.Diantara semua jenis susu nabati,susu almond memiliki rasa yang paling enak

B.Susu gandum/oat.

Susu gandum tinggi serat larut dan mengandung beta-glukan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Susu oat mengandung lebih banyak lemak daripada susu alternatif lainnya.

C.Susu Beras.

Susu beras adalah susu yang terbuat dari beras.Susu beras sangat rendah lemak dan juga mengandung kadar magnesium yang tinggi untuk mengendalikan tekanan darah Susu beras memiliki karboidrat tinggi dan berasa paling manis,kurang cocok bagi mereka yang sangat memperhatikan asupan kalori dan karbohidrat

D.Susu Kedelai.

Susu kedelai menempati susu paling bergizi kedua setelah susu sapi. Kekurangannya, kedelai dianggap sebagai fitoestrogen (atau estrogen yang bersumber dari tanaman), dan estrogen kedelai dalam susu kedelai dapat mempengaruhi keseimbangan hormon

E.Susu Jagung

Susu jagung adalah sumber antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan. Selain itu susu jagung juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh atau sistem imun. Susu jagung juga memiliki kandungan kandungan vitamin A yang cukup banyak. Susu jagung juga bermanfaat menjaga kesehatan jantung. Kandungan anti-aterogenik dalam jagung diyakini bisa mengurangi jumlah kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu kandungan omega-3 dalam jagung dapat menjaga jantung tetap bekerja dengan baik. Rutin mengonsumsi susu jagung dipercaya dapat menurunkan risiko serangan stroke. Susu jagung juga bisa mencegah anemia atau darah rendah. Pasalnya jagung dikenal sebagai bahan pangan yang kaya kandungan zat besi. Itulah sebabnya mengonsumsi susu jagung bisa menjadi sarana memenuhi kebutuhan asupan zat besi.

F.Santan atau Coconut milk.

Coconut Milk mengandung protein yang tinggi,vitamin, mineral, dan serat yang mencegah penyakit seperti batu kandung empedu, penyakit hati, peradangan dan penyakit kulit. coconut milk juga mengandung zat besi, selenium, natrium, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, vitamin C, E, B1, B3, B5 dan B6. Selain itu,susu santan juga meningkatkan sistem imun, membantu penurunan berat badan dan sangat baik bagi sistem pencernaan.