10 Tips membersihkan rumah pasca banjir - djolangak

10 Tips membersihkan rumah pasca banjir

2 bulan yang lalu

Banjir yang melanda saat ini tentunya membuat moms sedih.

Berikut ini beberapa tips membersihkan rumah pasca banjir :

  1. Matikan arus listrik ketika akan membersihkan rumah,untuk menghindari terkena sengatan listrik.
  2. Gunakan perlengkapan seperti baju lengan panjang, celana panjang, masker, sarung tangan, pelindung mata, dan sepatu boot untuk melindungi tubuh.
  3. Bersihkan Lumpur Terlebih Dahulu.
  4. Bersihkan permukaan lantai menggunakan cairan pembersih kuman,lalu gunakan air hangat ketika mengepel permukaan lantai yang sudah terendam air banjir.
  5. Rendam Peralatan Makan dan masak,di Air Hangat dan Sabun Cuci Piring Antibakteri,cuci bersih dan biarkan kering. Pastikan semua lemari dan rak penyimpanan sudah dibersihkan dengan cairan pembersih kuman lebih dulu sebelum ditaruh berbagai macam perabot.
  6. Jemur perabot sesegera mungkin Buka jendela dan gunakan kipas angin untuk memberi sirkulasi udara selama perabotan dikeringkan di luar rumah.
  7. Pisahkan dan Keringkan Dokumen Foto, buku, dan surat-surat penting bisa didiamkan untuk dibersihkan nanti. Pisahkan lembaran-lembarannya dan keringkan sehati-hati mungkin.
  8. Bila dinding rumah menggunakan wallpaper, segera lepas, setidaknya sampai batas terkena banjir. Karena dinding rumah bisa jadi sarang bakteri yang terbawa air banjir dan mengancam kesehatan penghuni.
  9. Cuci Karpet Sesegera Mungkin Gunakan cairan pembersih kuman dalam prosesnya. Keringkan sesegera mungkin, bila perlu menggunakan bantuan kipas jika sinar matahari tidak cukup terik untuk mengeringkannya.
  10. Jangan menyambungkan peralatan elektronik yang sudah terkena air ke listrik karena bisa menimbulkan korslet. bawa ke tukang servis terdekat untuk diperbaiki. Begitu juga dengan mobil, bawa ke bengkel yang sudah terpercaya sesegera mungkin untuk membersihkan dan memperbaiki bagian-bagian mobil yang kotor terkena air banjir.

Demikian tips membersihkan rumah setelah banjir.

Namun sebelum menerapkan langkah-langkah di atas,pastikan tidak ada potensi banjir susulan. Dengan mengunduh aplikasi BMKG untuk mengetahui perkembangan cuaca.

Simpan nomor telepon SAR dan cari tahu posko kesehatan terdekat.



Artikel Terkait